Apakah yang sudah
pernah mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan khususnya untuk pengajuan klaim karena alasan
mengundurkan diri?
Setelah 1 bulan
mengundurkan diri dari tempat bekerja sebelumnya , ada keinginan untuk
mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, namun dari kantor lama kurang mendapatkan info tata cara yang seharusnya diambil untuk pencairan secara detail, hanya dipaparkan dokumen apa saja yang perlu dilengkapi dan kapan waktu pengajuan klaim yang tepat. Nah dibawah ini tips2 beserta langkah2
berdasarkan pengalamanku kemarin.
Berikut adalah
tipsnya sebelum memulai pengisian form pengajuan
e-claim melalui https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/dashboard.bpjs
dan tata caranya setelah masuk ke link BPJSTKU..
Berikut dokumen yang
perlu dipersiapkan sebelum memulai:
- Surat Referensi dari kantor terakhir Anda bekerja;
- Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan tempat Anda bekerja telah melakukan pembayaran iuran kepada BPJS Ketenagakerjaan;
- Kartu Keluarga;
- Copy Halaman depan rekening Bank dimana tertera nomor rekening, nama dan cabang pembuka dan
- Kartu Tanda Penduduk.
Untuk
Pengajuan klaim JHT silahkan klik pada “e-Klaim JHT”
Tampilan pada layar akan seperti dibawah ini. Yang harus dilengkapi adalah :
Dan silahkan klik submit Form di kanan bawah
- Surat Referensi dari kantor terakhir Anda bekerja;
- Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan tempat Anda bekerja telah melakukan pembayaran iuran kepada BPJS Ketenagakerjaan;
- Kartu Keluarga;
- Copy Halaman depan rekening Bank dimana tertera nomor rekening, nama dan cabang pembuka dan
- Kartu Tanda Penduduk.
Pastikan ke 5
dokumen diatas telah di scan menggunakan alat scanner dengan kapasitas per
dokumen minimal 100 KB. Jika di
photo oleh ponsel Anda bisa kemungkinan gambar gagal upload.
Berikut adalah
langkah mudah untuk diketahui setelah masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/dashboard.bpjs
Lakukan register diri Anda menggunakan pc /
laptop karena akan lebih mudah dibandingkan melalui ponsel pintar
Lengkapi data diri seperti
gambar dibawah ini. Jika nama yang tertera di Kartu BPJS dan KTP berbeda, maka
yang akan dicantumkan pada saat login adalah nama sesuai e-KTP.
Kemarin
pada saat pengajuan claim nama di kartu BPJS dan e-KTP berbeda sehingga pada
saat datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan diminta membawa Akte Lahir dan juga
bukti identitas lainnya seperti Pasport.
Setelah dilengkapi , jangan lupa centrang kotak Ya, saya setuju dan clik submit data
Jangan lupa untuk melihat email pribadi yang sesuai pada saat pendaftaran karena email notifikasi untuk 6 digit numeric password yang akan digunakan pada saat login disampaikan melalui email Anda.
Jangan lupa untuk melihat email pribadi yang sesuai pada saat pendaftaran karena email notifikasi untuk 6 digit numeric password yang akan digunakan pada saat login disampaikan melalui email Anda.
Langkah selanjutnya adalah kembali ke awal untuk login
menggunakan alamat email dan password yang terdiri dari 6 digit numeric yang diterima melalui
email.
Tampilan pada layar akan seperti dibawah ini. Yang harus dilengkapi adalah :
a.
Pilih KPJ:
Pada kolom ini, isikan dengan nomor
KPJ Anda yang tertera pada Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
b.
Pilihan Aksi: “Pengajuan Klaim”
c. Jenis Klaim : untuk pengambilan sepenuhnya dana yang tertera pada BPJSTKU bukan diusia pensiun silahkan memilih jenis “mengundurkan diri”
https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjDan silahkan klik submit Form di kanan bawah
Tampilan baru akan muncul di layar
Anda. Karena saya sudah menyelesaikan pengajuan klaim maka tidak dapat lagi
melihat isi form.
Selanjutnya Anda akan diminta melengkapi form serta memilih lokasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk didatangi untuk menyerahkan salinan berkas beserta menunjukkan berkas asli. Klaim ini dapat dilakukan disemua Kantor BPJS Ketenegakerjaan yang terdekat dengan lokasi domisili J Setelah mengisi data lengkap, selanjutnya akan akan mengambil hasil scan yang untuk dilakukan upload dokumen. Tunggu dan pastikan semuanya telah ter-upload secara sempurna. Anda dapat mengecheck status dokumen Anda pada halaman Klaim Elektronik dan memilih pilihan aksi yaitu Status Klaim. Dokumen yang telah ter-upload secara sempurna dan telah diterima oleh server BPJS Ketenagakerjaan akan diinformasikan melalui email pribadi.
Dalam maksimal 2 hari kedepan, sebaiknya melakukan cek dan ricek ke email pribadi yang telah didaftarkan. Undangan untuk hadir beserta persyaratan tambahan yang dibutuhkan akan diinformasikan melalui email. Waktu kedatangan adalah hari Senin – Jumat, maksimal kedatangan untuk kunjungan dengan membawa berkasi asli dan salinan pada hari Senin hingga Kamis adalah jam 3 sore sementara di hari Jumat maksimal di jam 1 siang. Surat undangan wajib dibawa ya....
Selanjutnya Anda akan diminta melengkapi form serta memilih lokasi Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk didatangi untuk menyerahkan salinan berkas beserta menunjukkan berkas asli. Klaim ini dapat dilakukan disemua Kantor BPJS Ketenegakerjaan yang terdekat dengan lokasi domisili J Setelah mengisi data lengkap, selanjutnya akan akan mengambil hasil scan yang untuk dilakukan upload dokumen. Tunggu dan pastikan semuanya telah ter-upload secara sempurna. Anda dapat mengecheck status dokumen Anda pada halaman Klaim Elektronik dan memilih pilihan aksi yaitu Status Klaim. Dokumen yang telah ter-upload secara sempurna dan telah diterima oleh server BPJS Ketenagakerjaan akan diinformasikan melalui email pribadi.
Dalam maksimal 2 hari kedepan, sebaiknya melakukan cek dan ricek ke email pribadi yang telah didaftarkan. Undangan untuk hadir beserta persyaratan tambahan yang dibutuhkan akan diinformasikan melalui email. Waktu kedatangan adalah hari Senin – Jumat, maksimal kedatangan untuk kunjungan dengan membawa berkasi asli dan salinan pada hari Senin hingga Kamis adalah jam 3 sore sementara di hari Jumat maksimal di jam 1 siang. Surat undangan wajib dibawa ya....
Akhirnya hari yang dinanti pun tiba, dengan menggunakan transportasi online menuju Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Cikokol, Tangerang. Di kantor BPJSTKU, Pak Satpam yang ramah menanyakan surat undangan untuk kehadiran dari BPJS Ketenagakerjaan yang dikirimkan melalui email. Setelah itu beliau memberikan saya map plastik putih untuk menaruh berkas-berkas dan diminta untuk menunggu.
Tepat Jam 8:00, kamipun dipersilahkan masuk dan menuju lantai 2 untuk memulai proses. Tiba di lantai 2, berkas di map plastic saya serahkan ke ibu satpam yang menjaga dan diminta untuk duduk.
Buatku, ruangannya rapih , resik dan bersih , berasa nyaman dan tersedia ruangan tempat bermain untuk anak2. Setelah beberapa saat nama
saya pun dipanggil dan ditunjukkan jumlah yang akan diterima, Puji Tuhan… tidak
menyangka… dan diminta untuk mengisi 2 formulir.
Setelah
selesai saya kembalikan lagi kepada petugas dibagian pemeriksaan dokumen dan
diminta untuk menunggu kembali untuk dipanggil ke loket.
10
menit kemudian, sudah berada di loket. Petugas kembali menanyakan nama bank
penerima, dan memastikan nomor rekening tujuan. Oh ya, gunakan rekening pribadi
ya. Petugas juga menginformasikan jumlah dana yang akan diterima serta dalam 5
hari kedepan dana dipastikan sudah diterima. Setelah dari loket sayapun
menyerahkan berkas terakhir kepada petugas yang berbeda dan proses ini hanya
memakan waktu sekitar 45 menit saja J
sebelum
Jam 9 pagi saya sudah kembali menuju ke rumah dan dana diterima di hari ke
3 J
horeiiiiiiiii
Terimakasih
BPJS Ketenagakerjaan Indonesia, atas perubahan yang terjadi untuk kemajuan
bangsa ini.
Bersyukur sekali prosesnya mudah, efisien dan cepat . Indonesia
negaraku, Maju Bangsaku.
Harapanku apa yang diutarakan disini bermanfaat buat pembaca
#bangkitlahIndonesiaku
Selamat menikmati hari yang indah
Me-Mrl
Komentar
Posting Komentar